Just another WordPress.com site

Tips Perawatan Kacer

Kunci dalam bermain Kacer di lapangan adalah rawatan harian. Kenapa ?? Seperti yang sering ane ulas yang penting kita atur adalah mental,emosi dan birahi Kacer tsb. Burung fight seperti Kacer memang diibaratkan petarung yang harus komplit memiliki, mental ,stamina n killing punch….. mental kurang = mbagong stamina kurang = mbagong (awal kerja separoh jln mbagong) killing punch = ga menang (ngerol aja ga punya tembakan,puayaahhh….) Makanya sering muncul istilah “jalani rawatan pemilik sebelumnya”, menjadi solusi singkat walau belum tentu jitu. Kenapa ?? Apakah kita yakin betul dengan rawatan pemilik sebelumnya Kacer tsb telah stabil, atau hanya kebetulan saja pada saat tsb dia mau nampil. Jadi main kacer yang terpenting adalah 3 point ; 1. Membaca dan memahami karakter Kacer kita (ini dibutuhkan pengamatan yang perlu waktu & kesabaran) 2. Rawatan Harian adalah fooding,kandang dan tangkringan,mandi & jemur juga banyak yang menggunakan Umbaran 3. Rawatan/Setting Lapangan A. RAWATAN HARIAN Penjemuran Kacer harus di jemur rutin setiap hari agar lebih fit & mempunyai nafas yang lebih panjang. Durasi Jemur bisa naik secara bertahap setiap minggunya contoh : minggu 1 jemur dari jam 8 s/d jam 10 minggu 2 jemur dari jam 10 s/d jam 10.30 dst sampai ketika di jemur lama tidak buka mulutnya Ketika penjemuran dilakukan coba keluarkan semua pakannya,karena Ini gunanya untuk menambah tebal suaranya. Setelah selesai dijemur taruh kandang ditempat yang teduh untuk diangin-anginkan sampai mulutnya tidak mangap lagi kemudian masukan dahulu Voernya pasti dia akan memakan karena selama penjemuran kcaer tersebut tidak makan sama sekali. Kenapa Voernya dahulu yang diberikan adalah supaya sewaktu memakan voernya ikut tertelan juga lendir kering yang ada dikerongkongannya. Setelah memasukan Voer makanannya selama 15 menit baru masukan air minumnya. larutan bagus diberikan berguna untuk kejernihan suara burung tsb. Kalau air Larutan tersebut diminum sampai habis baru kita ganti dengan air putih sampai esok pagi. Mandi Yang mendasar mandi berguna utk menstabilkan birahi/emosi,jadi pada dasarnya kita biasakan Kacer tsb mandi setidak-tidaknya 1x setiap harinya. Efek lain dari mandi adalah sedikit mengurangi kelelahan kacer dan mengurangi emosi. Tapi banyak juga yang kacernya kurang ngedur memandikan Kacernya berapa hari sekali ini agar birahi nya naik karena panas badannya. Tips : Ane lebih suka mandikan kacer malam ini salah satu solusi juga untuk mengurangi/menghilangkan mbagong,bagusnya menggunakan air dingin Pada saat mandi itulah kita berikan EF dan membersihkan kandangnya. Ekstra Fooding Buah Buah bagus dibiasakan untuk kacer yang berfungsi untuk menurunkan birahi & menajamkan suara Buah yang biasa dipakai buat kacer ; Pepaya, Lebih sering diartikan untuk menurunkan birahi (walau tidak signifikan) Apel, Biasanya digunakan untuk menajamkan suara (walau tidak signifikan) dan membikin suara menjadi lebih jernih. Pisang Belum pernah coba neh,bikin kacer gemuk..? Kacer ane ga kebagian terus karena keseringan ane bikin pisang goreng Jangkrik Sudah menjadi rahasia umum bahwa jangkrik digunakan utk power suara Kacer tp ini bisa menaikkan birahi… Untuk harian jangan diberikan terlalu banyak agar terjaga birahinya. Menjelang lomba baru di naikan karena lomba memerlukan energi extra Contoh ane berikan, bisa diterapkan sbb : Persiapan kacer ke lomba : 1. Jangan sampai ketemu dgn Kacer,MB 2. Pagi dimandikan setelah itu masuk kdg umbaran n latih terbang +/- 200 x 3. Jemur sekuatnya 4. Setelah dimandikan sore/malam masuk kdg harian 5. EF mulai masuk minggu terakhir ditingkatkan contoh : Senin pagi jangkrik 5 , sore jangkrik 5 Selasa pagi jangkrik 6 , sore jangkrik 6 Rabu 7-7 + Ulat Hkg Kamis 8-8 + Ulat Hkg – pindah ke sangkar lomba s/d sabtu Minggu EF kembali normal 5-5 cuma di tambah Ulat Hkg 6. Turun yg ke 2 lihat performa main pertama tadi baru di tambah EF secukupnya (Jangkrik+Ulat Hgk) 7. Kalau tidak jalan atau mbagong/kuda laut jual saja segera (bercanda bro) Tips : Ane pribadi menyukai settingan rendah utk jangkrik pada hariannya, kalau bisa maksimal 3-4 ekor/hari. Teknisnya disesuaikan dengan aktifitas kita, bisa dilakukan dengan pemberian sekaligus atau diatur 2x pemberian. Yang terpenting kita coba biasakan dengan kebiasaan dan kesanggupan kita. Untuk Kacer yang mbagong baik di poloskan dulu saja atau diberikan jangkrik hanya 1×1 saja/harinya jangrik terbanyak yang pernah ane tahu sekitar 120 ekor,ini diberikan H-1 Cacing Cacing bisa diberi untuk menurunkan efek birahi pada Kacer. apa cacing diberikan bisa untuk membongkar lagu pada Kacer (seperti pada MB) ane belum ada waktu untuk penelitiannya neh Tips : Usahakan cacing di hapus dari harian kecuali Kc yang kita miliki adalah KC muda, karena KC muda rata-rata memiliki birahi yang LABIL dan cenderung di bawah standar. EF Lainnya Kroto, Untuk membuat kacer gacor & birahi naik jd lebih neken ketika di adu. Ane rasa semua kacer itu awalnya pasti atau kebanyakan mengkonsumsi kroto yang di campur dengan voor nya,betul ga neh…? kalau tidak pasti deh uth kacer ga doyan voor… jadi ini kebiasaan yang digunakan saja,kacer tanpa kroto lebih hemat biaya banyak lho & banyak kacer yg moncer tanpa kroto…. Kalau ane sih sering nyoba2 jadi semua kacer ane pasti doyan kroto & untungnya tidak mbagong… Ulat Bambu (UB), Biasa diberikan 1-3 ekor di lapangan ketika di adu kacernya nubruk2 sangkar/ngejeruji alias kegalakan. UB berfungsi untuk menurunkan birahi,jadi ini juga salah satu trik agar kacer tidak mbagong ketika di adu,tp ini balik kekarakter kacer ente masing2 yach Ulat Hongkong (UH), sebaiknya jangan menggunakan UH sebagai EF harian karena UH memiliki efek (emosi)/panas tubuh yang instan. baik diberikan ketika hari hujan tidak ada panas,menjelang lomba ini biasa ane berikan 1-2 sesi sebelumnya,takaran bisa 10-20 ekor B. Kandang dan Tangkringan Kandang Harian kita pilih yang mudah dibersihkan biasa menggunakan sangkar kotak/tempe ukuran bisa 40x40x70,40x45x70 dsb Biasakan bersihkan setiap hari agar kacer tidak gampang terkena kutu dan rumah kita tidak bau,kotoran kacer cukup menyengat hidung lho…. Kandang Lomba Sesuaikan dengan kocek anda saja…. Tangkringan Sesuaikan dengan gaya main nya & pastikan dalam memasang tangkringan ekor jangan sampai terkena kandang agar tidak patah bulu ekornya. Model Sejajar Bisa digunakan secara bertingkat sejajar untuk kacer dengan gaya naik-turun lincah sambil mengkibas-kibaskan ekor,goyang mang…. Model Palang Tangkringan palang bisa dipakai untuk kacer yang tidak terlalu banyak bergaya cenderung agar lebih nancap/nagen. Model 3 tangkringan Ane dapat dari bangka,biasa 2 dibawah,1 di atas (tengah2) salah satu cara agar kacer main tidak turun ke bawah. C. Rawatan Mabung – Jangan dimandikan, – Full kerodong, – Bersihkan kandang 2-3 hari sekali – Saat yang tepat untuk rubah/reset settingan – Saat tepat untuk memaster kacer – EF normal harian saja Selesai Mabung – Mulai mandikan – Terus di master – EF di biasakan kembali – Ketika bulu sudah full semua baru pelan2 di jemur lagi – Krg lebih 1 bulan full jemur tunggu bulu tuaan,baru mulai di lombakan kembali Tips tambahan : – Dirumah jangan saling lihat kalau kacer lebih dari 1 – Dirumah taruh dekat dengan burung2 Master – Dirumah jangan dekat2 burung2 type Fighter lainnya seperti MB/TL – Dilapangan juga jangan gantung dekat2 Kacer,MB lebih baik agak menjauh agar lebih hemat energiny ga koar2 duluan…

 

catatan di atas saya ambil dari kicau mania.org semoga bermanfaat buat kita semua.amien…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: